Saturday, November 16, 2013




Mr Healthy
Lidya Renny Chrisnawaty



Rolan meneguk isotonic drink-nya yang dia ambil dari kulkas di pojok kamarnya yang bercat biru laut. Membiarkan bola-bola air yang dingin menyejukkan kerongkongannya yang kering setelah berkutat dengan panasnya lapangan basket tadi pagi. Setelah merasa sedikit segar dia sit up 50 kali, push up 50 kali, lalu duduk sebentar untuk mengeringkan tubuhnya yang basah keringat. Singlet putih yang dikenakannya menampakkan lengan berototnya yang terbentuk dari body building seminggu 3 kali dan disiplin makan menu sehat, yang mungkin terinspirasi dari slogan ‘4 sehat 5 sempurna.’

* **

Membosankan! Itu yang dirasakan oleh Nina saat berkencan dengan Rolan pertama kalinya. Untuk memilih tempat makan saja sudah menghabiskan waktu beberapa jam. Karena Rolan gak mau ke restaurant fast food atau café. Waktu Nina mengajak Rolan ke Kentucky, Rolan terang-terangan menolak dan bergidik.
“Aduh, jangan ayam deh. Gak sehat makan ayam mulu. Bikin gendut.”
“Kalo gitu ke Mc Donalds ya?” pinta Nina memelas. Cacing di perutnya udah pada main keroncong nih.
“Ah, tau gak, burger itu mengandung…. Bla bla bla, ” Rolan berpidato seakan dia itu Menteri Kesehatan.
“Ya kamu kan bisa pesen salad saja, Rolannn!” Nina mulai jengkel. Kalo lagi laper pengen rasanya jitak orang deh! Apalagi yang nyebelin kayak Rolan.
“Ya, tapi kamu juga makan salad ya? Aku kan pengen kamu juga sehat, honey,” bujuk Rolan, “Atau… makan sup krim jamur aja ya? Ini jamur shimeji, berkhasiat membersihkan lemak dan radikal bebas pada saluran pencernaan,” lanjutnya.” Rolan memperlihatkan menu sebuah restoran di layar Blackberrynya. Dia sedang browsing restoran makanan sehat di internet.
“Tapii aku gak doyan salad, Rolan! Juga jamur!” Nina memasang tampang eneg. Yeuakss!
“Dibiasakan donk. Aku dulu juga gak doyan, tapi sekarang udah terbiasa.” Rolan tetep setenang air dalam bak kamar mandi. Tak bergejolak dengan omelan Nina. “Nanti penutupnya selada buah, ada apel malangnya. Bisa melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol. Minumnya jus tomat. Hmm… seger lohh... Kita kesana ya?”
Ughh! Nina pengen teriak. Engggakkkkkkkkk!! Tapi dia gak enak menolak, hanya bisa pasrah dan meringis.
Dulu, mereka pertama kenalan di tempat fitness. Siapa sih cewek yang gak tertarik pada Rolan? Cakep iya, blasteran Cina – Jawa. Tinggi 180 cm, macho jelas, tampak dari ototnya yang bertonjolan dan perut six packnya yang tampak saat singletnya sedikit terkuak waktu dia mengangkat barbel seberat 10 kg. Semua cewek langsung terpana. Tapi perhatian Rolan tertuju pada Nina, yang saat itu mengenakan singlet pink bertuliskan ‘girl power’. Nina cantik dengan rambut kecoklatannya yang panjang, yang saat fitness diekor kuda. Singkat cerita mereka berkenalan, ngobrol-ngobrol, tukeran nomer handphone. Rolan mulai menjemput ke sekolah Nina, berangkat fitness bareng. Setelah satu bulan, Rolan nembak Nina yang langsung diterima.
Tapi, setelah kencan pertama Nina baru sadar Rolan tuh lebay banget kalo soal makanan dan kesehatan. Gak boleh makan burger karena itu junk food. Tidak terolah dengan sempurna. Mengandung banyak lemak, garam dan gula. Padahal di dalam burger kan ada daging yang yummy, keju juga sehat, salad kan sayuran hijau, tomat, mentimun, mayonaise. Hmm… Burger adalah salah satu makanan kesukaan Nina. Soalnya kost-kostan dia kan deket sama Mc Donald`s, jadi nyaris setiap hari dia kesana. Jadi Nina bete dilarang Rolan makan burger lagi. Huhuhu… dasar Mr Healthy. Masak Nina disuruh makan salad mulu? Sayuran mulu? Emangnya kambing?
Kencan kedua, Nina nekat lagi ngajak makan di Pizza Hut. Ngoceh deh si Rolan sepanjang novel 2 jilid. Padahal Pizza kan cuman roti dan berisi sayuran juga. Huhh… sayur lagi, Sayur lagi. Salad. Sup jamur. Jus buah. Argghh… iya sih Nina pengen agak langsing lagi, meski dalam tinggi 167 cm, berat dia yang 53 kg udah proporsional, tapi kan… kan gak  kebangetan gini caranya! Dia bisa kelaperan berat nih. Jadinya tiap habis pulang kencan sama Rolan, Nina lari ke Mc Donald`s. Oh, sebelumnya dia pastikan mobil Rolan udah jauhh di ujung ufuk jalan sono.
“Mbak, pesan cheese burger sama french fries ya! Gak pake lama!” Nina was-was tengak-tengok, siapa tau  Rolan balik lagi ke kostnya. Dan ketahuan deh dia gak menurut pada menu makanan Rolan untuk sehat. Sampai kamar kostnya, Nina langsung menganyang makanan cepat saji itu membabi buta kayak orang kelaperan. Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam, padahal Rolan juga berpesan jangan makan malam melebihi pukul 7, nanti perut jadi buncit. Tapi Nina entah lupa atau berlagak lupa soalnya laperr.
Paginya Nina telat bangun, sampai gak sempat mandi. Semalem dia ketiduran nonton tivi sambil ngemil kentang goreng. Daripada telat pelajaran Bu Handi yang galaknya melebihi macan Afrika, mendingan cuci muka aja. Semprot parfum yang banyak, beres deh. Aduh, gak sempet beresin bungkus burger ama kentangnya. Ntar aja deh pulang sekolah. Nina menyambar tasnya lalu mengunci pintu. Melajukan montornya ke sekolah. Ngebut dan sampai nyaris saat gerbang mau ditutup.
“Tunggu, Pakk! Jangan ditutup!” teriak Nina ke Pak Sarmin, penjaga gawang eh penjaga gerbang sekolahnya.
“Buruan, ntar disetrap Pak Guru loh.” Pak Sarmin berbaik hati membuka pintu gerbang agak lebar lagi supaya Nina dan montornya bisa masuk.
Istirahat siang. Nina makan agak banyak. Semangkok bakso, bakwan, tempe goreng, roti cokelat dan es jeruk. Soalnya nanti malem si Rolan ngajak makan malam lagi dan menunya pasti sayuran lagi. Huhh…
Hp Nina berbunyi. Dari Rolan.
“Halo, honey? Lagi istirahat siang ya? Lagi apa?”
“Ehm, lagi ngobrol ama temen koq.” Nina terpaksa lagi berbohong, kalo dia bilang lagi makan, wah Rolan bisa berceloteh deh.
“Di kantin?” Rolan sepertinya mendengar suasana  ramai.
“Gak, di Taman Sekolah.”
“Oh, nanti aku jemput pulang sekolah ya.”
“Gak usah, aku bawa montor koq. Nanti aja jemput jam 5 ya?”
“Oh kenapa bawa montor?” Rolan terus bertanya kayak wartawan.
Nah ini dia yang Nina juga baru tahu. Rolan tuh ternyata posesif juga. Jadi inget iklan cewek posesif itu. Yang selalu tanya, “sayang, dimana, ngapain sama sapa?” Sampai-sampai cowoknya pasang alat perekam, “tidur, di rumah, sendiri.”
“Aku tadi telat bangun. Oh, udah ya. Udah mau masuk kelas nih. Sampai ketemu nanti,” Nina lagi-lagi berbohong, soalnya dia bete ditanya-tanya Rolan melulu. Padahal bel masuk masih 10 menit lagi. Nina menghabiskan makanannya lalu ke kelas, mau ngelanjutin baca majalah sebelum bel masuk berbunyi.
Pulang sekolah Nina kaget setengah mati. Kamarnya sangat berantakan, dan kasurnya jadi berlubang. Juga banyak kotoran tikus di spreinya. Gara-gara gak membuang bungkus makanan semalem, kamarnya jadi diacak-acak tikus. Sprei kesayangannya jadi berlubang juga. Pengen nangis deh dia rasanya. Harus minta kiriman ortunya lagi buat beli kasur baru. Udah capek pulang sekolah, dia masih harus beres-beres deh. Gara-gara menyepelekan hal kecil sih. Huhuhu…
Beberapa hari berlalu. Nina berusaha sabar menghadapi celoteh Rolan tentang menu makanan sehat dan berusaha memakannya. Meski dia rasanya pengen muntah. Dan dia setiap harinya tetap lari ke Mc Donald`s sehabis makan malam dengan Rolan.
“Nina, kayaknya ada yang aneh deh. Koq kamu agak gemukan ya?” Rolan curiga melihat pipi Nina yang tembem.
“Ah, jangan bercanda! Setiap hari makan sayuran mana bisa gemuk?!” Nina berusaha tertawa meski dalam hati panik.
Keesokkan harinya, sebelum berangkat sekolah dia mampir ke apotik 24 jam di deket kostnya, sekedar membeli vitamin C. Padahal cuman mau nebeng nimbang. Oh My God! Berat dia nambah 3 kilo! How come?
Di tempat fitness Nina kayak kesetanan, pake treadmill tanpa henti, sampai anggota lainnya pada gak berani minta gantian. Satu jam kemudian, dia ikut senam. Wajahnya merah, keringatnya bercucuran kayak air terjun Niagara.
Rolan aja sampe bengong. Nina kenapa olahraganya sampe kayak gitu? Apa karena aku bilang agak gemukan? Tapi kan aku sudah saranin dia buat diet sayuran. Hmm… ada yang aneh nih. Jangan-jangan Nina gak nurut sama aku. Dia pasti makan malam sesudah jam 7 deh!
Aduh, kepalaku rasanya pusing. Lemes. Nina terhuyung-huyung lalu mengambil sebotol air mineral di tasnya. Baru satu teguk… Nina merasa sedang di luar angkasa. Kegelapan menyeruak. Luas. Banyak bintang berkelap-kelip. Lalu… Gubraks!! Nina pingsan seketika. Rolan langsung berlari ke arah Nina. Menggendongnya ke ruang kesehatan.
Nina sedang berada di restoran. Makanannya lezat-lezat. Ada nasi goreng, ada ayam goreng, udang goreng saus tiram, cap cay, ada gurameh bakar, ada pizza, ada burger keju, brownies, puding cokelat, es krim… hmm… yummy. Nina kalap dan memakan semuanya. Pipinya makin tembem. Perutnya membesar. Lengannya gempal. Dia makin gendutt… gendutt… membesarr… melayang seperti balon besarr…
“Tidakkkkkkkkkkkkkk!! Aku gak mau gendutttttttttttttt!!” teriak Nina panik. Butir-butir air serupa kristal menetes dari bola mata lentiknya. Nina meronta-ronta.
“Sstt…, sayang. Tenang, aku disini.” Rolan memeluk Nina. Menenangkannya. Membelai rambut Nina yang basah keringat.
“Huhuhuhu… aku gak mau gendutt. Aku gak mau jadi balon besarr...” Nina menangis terisak-isak di dada bidang Rolan.
“Iya, iya. Kamu pingsan karena kecapekan olahraga. Hmm… ada yang aneh. Padahal kan aku sudah suruh kamu makan makanan sehat. Tapi kenapa kamu koq tambah gen… Ehmm.. maksudku pipimu jadi agak tembem dikit,” Rolan tertawa lalu mencubit pipi Nina pelan.
Nina menunduk dan tersenyum malu. Mengingat kesalahan dan kebohongannya.
“Coba jujur sama aku, sayang.” Rolan mengangkat wajah Nina, “Sehabis kita makan malam, yang isinya sayuran semua itu, karena kamu belum terbiasa jadi kamu masih laper ya? Trus malamnya kamu pasti ke Mc Donals ya? Aku gak akan marah. Hayoo jujurr…” Rolan mengerling.
Nina memainkan bola matanya, lalu menatap Rolan, “Iyaa. Aku ngaku. Maafin aku, sayang. Habis laperr bangett, jadi malemnya aku malah ngemil burger sama kentang goreng. Jadi ya… malah…”
“Jadi tembem kan?” Rolan tertawa lalu mencubit pipi Nina lagi, “Lucu sih. Jadi makin imut. Tapi makan seperti itu terus gak sehat. Kamu pasti sebel sama aku ya? Karena nyuruh kamu makan sayuran melulu kayak kambing?”
Nina tertawa. Ah, ternyata Rolan baik sekali. Udah dibohongin gak marah.
“Kamu pengen tau kenapa aku suruh kamu gitu? Pengen kita hidup sehat?” Rolan menghela nafas, “Papaku meninggal karena kolesterol, darah tinggi, jantung. Entahlah, komplikasi berbagai penyakit. Dia terlalu banyak mengkomsumsi makanan tak sehat. Dia juga terlalu banyak makan sehingga dia menjadi gendut sekali. Dan meninggal dalam usia muda. Uang juga habis banyak untuk berobat. Jerih payahnya saat bekerja habis karena penyakit.”
Nina terperangah. Memasang wajah prihatin.
“Sejak itu, aku berusaha hidup sehat. Aku gak mau meninggal muda saat anakku nanti masih kecil. Sejak usia 10 tahun aku gak punya papa, cuman gara-gara papaku gak menjaga makanannya. Aku bukannya melarang kamu makan burger, pizza, dan lainnya. Kue-kue itu juga manis dan enak. Aku juga suka.” Rolan tertawa, “Tapi ada batasannya. Segala sesuatu yang berlebihan kan gak baik? Sesekali boleh koq makan itu.”
Nina tersenyum, “Iya. Aku mengerti Mr Healthy!”
“Nah, sudah baikan? Sekarang kamu ganti baju ya. Kita makan enak hari ini. Pasti kamu sangat kelaparan gara-gara olahraga membabi-buta seperti itu kan?” Rolan tertawa, “Pokoknya kamu harus nurut kalo gak mau gendut? Oke? Senin sampai sabtu kita makan makanan sehat. Minggu kita boleh makan junk food. Mau burger? Pizza? Semua aku beliin. Asal kita juga rajin olahraga. Body oke, tubuh sehat. Men Sana In corpore Sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.”
“Iya, iya. Pak Menteri Kesehatan. Mr Healthy-ku.” Nina memeluk Rolan penuh sayang.
“Eh, eh. Bau keringat peluk-peluk. Sana ganti.” Rolan tertawa lalu menghindar. Nina mencibir, lalu mengambil tasnya dan pergi ke ruang ganti. Ya, menjaga makanan itu perlu. Karena kesehatan itu juga mahal harganya!
* * *

Ditulis               : Senin, 19 Oktober 2009 08:12
Dikirim             : Selasa 20 Oktober 2009
Konfirmasi        : Selasa, 12 April 2011 12:49
Dimuat di Majalah Teen            : Edisi 258/XVIII/1 Juni 2011

Teh Hijau Kepala Djenggot

          Dulu aku adalah penggemar soda yang berwarna biruuu. Aku juga suka minum apa saja, kayak teh, kopi, jus, pokoknya minuman yang man...