Wednesday, August 13, 2014

Julia and Julie (2009)


Saat memasak dan menulis berduet


Based on two true stories. Perancis 1949, Julia Child (Meryl Streep), seorang wanita yang selalu ceria, ramah dan berpikir positif adalah istri seorang diplomat Amerika, Paul Child (Stanley Tucci). Mereka baru saja pindah ke Perancis.

Dia dan suaminya saling mencintai meski tidak memiliki keturunan. “Julia, you are the butter to my bread, and the breath to my life. I love you, daring girl,” puji Paul. Sementara suaminya bekerja, Julia mengisi waktunya dengan kursus masakan Perancis di Le Cordon Bleu.

Awalnya dia hanya disuruh merebus telur dan dia merasa sudah bisa. Dia lebih tertarik pada kursus masakan yang lebih susah. Tapi dia malah diejek oleh Madam Brassart, bahwa kursus seperti itu untuk professional dan dia tidak akan pernah jadi seperti itu. Kursus itu untuk pria dan sangat mahal. Tapi dia tidak peduli dan tetap memilih kursus itu. Akhirnya dia bisa membuktikan pada Madam Brassart kalau dia mampu memasak dengan baik.
Julia mencari buku resep masakan berbahasa Inggris tapi tidak ada di toko buku Shakespeare and Company. Julia bertemu dengan dua orang wanita, Simone Beck (Simca) dan  Louisette Bertholle yang suka memasak sepertinya dan mereka berkolaborasi menulis resep masakan Perancis berbahasa Inggris. Dia juga memiliki seorang sahabat pena bernama Avis De Voto (Deborah Rush) yang tinggal di Cambridge.



Julia mulai mengetik resepnya dengan mesin tik. Dia mengirimkan resepnya ke Avis dan Avis menunjukkannya ke penerbit dan mereka tertarik. Namun naskah resep Julia terlalu tebal, 700 halaman. Julia ingin itu dibuat berseri. Namun penerbit akhirnya menolak, karena ibu rumah tangga biasanya ingin buku resep yang praktis.
Julia kecewa tapi suaminya terus mendukung dan menyemangati. Bahkan menyarankannya mengajar memasak saja melalui televisi. “Seseorang akan menerbitkan bukumu. Seseorang akan membaca bukumu dan menyadari apa yang kamu lakukan. Karena bukumu itu menakjubkan. Bukumu akan mengubah dunia,” ucap Paul.
Avis ternyata mengirimkan naskah resep Julia ke penerbit lain yaitu Knopf. Judith, editor Knopf membacanya lalu mempraktekkan salah satu resep yaitu Boeuf bourguignon (beef stew). Ternyata enak! “Yum!” kata Judith. Dia mengirim surat pada Julia bahwa naskah resepnya unik, memutuskan akan menerbitkannya dan menawarkan keuntungan $1,500.  
Judith tidak suka judul yang ditulis Julia : French Recipes for American Cooks. Dia mengundang Julia datang untuk mengubah judul supaya lebih menarik saat dipasarkan. Dia menempelkan beberapa pilihan kata untuk judul dengan kertas kecil dan paku payung di dinding kantornya (jaman sekarang sudah ada sticky note / post it). Judith memilih judul Mastering the Art of French Cooking” dan Julia menyukainya.


Puluhan tahun kemudian, pada tahun 2002 di Queens, Newyork, buku resep Julia menginspirasi seorang wanita berusia 30 tahun bernama Julie Powell (Amy Adams). Dia dan Eric Powell (Chris Messina), suaminya tinggal di apartemen kecil di sebelah toko pizza (tapi kok tidak ada adegan makan pizza ya?) Dia bekerja sebagai operator telepon di kantor pelayanan masyarakat. Pekerjaan yang sebenarnya tidak dia suka. Setelah pulang, dia suka memasak. Seperti suami Julia, suami Julie pun sangat mendukungnya memasak dan tentu saja suka memakan dan memuji masakannya.

Dulunya Julie adalah seorang editor majalah sastra Amherst yang sedang membuat novel. Tapi selama delapan tahun novel itu baru separuh jadi dan tidak pernah selesai. Julie mengatakan pada Eric bahwa temannya menulis sebuah blog dan dia tertarik juga. Eric mendukungnya dan mengatakan kalau Julie adalah penulis. Julie bilang, “You’re not a writer unless someone publishes you.” Eric mengatakan bahwa itu hebatnya sebuah blog, tidak perlu diterbitkan, hanya online di internet lalu tekan enter and there it is, out there.”
Julie dan Eric membahas akan menulis apa di blog. Lalu Eric bilang tentang masakan saja. Julie setuju dan akan menulis blog tentang masakannya berdasarkan buku resep Julia Child. Dia memutuskan memberi deadline karena jika tidak akan seperti apapun yang dia lakukan yaitu tidak pernah menyelesaikan apapun. I’m just saying deadline would be good. Mereka memutuskan setahun deadlinenya.
Eric membantu Julie membuat blog berjudul The Julie/Julia Project. Tantangannya memasak dan menuliskan 524 resep dalam 365 hari. Julie mulai memasak telur, jamur, ayam, lobster sesuai resep Julia Child. Saat memasak lobster dia ketakutan dan ditolong Eric. Lobster killer. Julie memuji suaminya,”You’re a saint.” Suaminya bahkan memberi Julie kado kalung seperti milik Julia Child.



Awalnya semua lancar tapi saat Julie mulai gagal memasak seperti resep Julia, dia menjadi marah, putus asa lalu menangis. Tapi Eric terus menyemangatinya. Suatu hari dia mendapat telepon bahwa Judith Jones, editor Julia Child akan datang menemuinya. Julie begitu gembira dan menulisnya di blog. Dia juga memasak Boeuf bourguignon yang gagal karena gosong saat dia ketiduran. Tapi dia tidak menyerah dan kembali memasak Boeuf bourguignon yang baru. Julie dan Eric sudah berharap Judith akan menawarkan Julie kontrak buku sehingga dia bisa menjadi penulis sesungguhnya.

Bencana datang. Judith ternyata membatalkan kedatangannya. Julie sangat kecewa. Dia takut dan malu pembaca blognya akan ikut kecewa. Dan dia marah saat Eric mengatakan bahwa pembaca blog Julie akan tetap melanjutkan hidup dengan baik. Mereka bertengkar dan Eric pergi. Julie sedih dan berhenti melanjutkan proyek memasaknya tapi ibunya menelepon. Ibunya yang awalnya tidak mendukungnya menulis blog malah menyemangatinya untuk melanjutkan memasak. Saat Julie pulang belanja ternyata Eric memutuskan kembali pulang padanya.

Blog Julie makin banyak dikunjungi dan dikomentari. Amanda Hesser dari New York Times tertarik untuk menulis artikel tentangnya. Setelah artikel tentang Julie dimuat, dia mendapat banyak telepon dari editor dan penerbit. Tapi sebuah telepon dari seseorang yang sedang menulis artikel Julia Child membuatnya sedih. Kata orang itu, Julia Child berkomentar Julie tidak serius dan menghormati resepnya. Awalnya Julie kecewa tapi Eric menghiburnya bahwa itu tidak seperti yang dia pikirkan. Julie pun kembali memuja Julia namun sudah tidak berharap bisa bertemu Julia Child langsung.

Target Julie terselesaikan. 365 hari. 524 resep. Endingnya Julie dan Eric mengunjungi pameran Julia Child’s Kitchen. Bon Appetit! Nilainya 8 dari 10. 
 

Komentarku :
-Film ini adegannya berselang-seling antara kisah Julia dan Julie tapi tidak bikin bingung. Perpindahannya smooth sekali.
-Aku cukup kecewa, aku pikir Julia Child (Meryl Streep) dan Julie Powell (Amy Adams) akan bertemu di ending, ternyata tidak. Ya memang Julia pastinya sudah tua sekali, 90 tahun. Tapi film ini sangat menarik. Tahun 2009 box office. Telat nonton deh. Wahaha.
-Kenapa Julie Powell mudah sekali membeli bahan-bahan masakan Perancis yang mahal itu? Padahal dia dan suaminya tinggal di apartemen kecil?
-Pastinya film ini bikin pengen menulis blog, memasak dan makan ;)


Release Date : 07 Agustus 2009
Running time : 123 minutes
Directed by : Nora Ephron
Story by : Julie Powell
Starring : Meryl Streep, Amy Adams, Stanley Tucci, Chris Messina
Production Company : Columbia Pictures
Sumber info :
http://en.wikipedia.org/wiki/Julie_%26_Julia
http://en.wikipedia.org/wiki/Julie_Powell


Teh Hijau Kepala Djenggot

          Dulu aku adalah penggemar soda yang berwarna biruuu. Aku juga suka minum apa saja, kayak teh, kopi, jus, pokoknya minuman yang man...